Rabu, 02 September 2015

Ini Kotaku, Mana Kotamu ?

Balikpapan.  Siapa yang tidak mengenal kota ini.  Sebuah kota yang berada di tepian Selat Makassar.  Kota ini masuk kedalam teritori provinsi Kalimantan Timur yang pernah (hampir) direkomendasikan untuk menjadi ibukota negara Republik Indonesia.  Sebuah kota yang katanya masih terletak di tengah hutan.  Pada Kenyataannya, kota ini sangat berkembang pesat.



Ya, kota ini pernah terpilih sebagai kota ternyaman untuk dihuni di Indonesia tahun 2014. Penghargaan ini disematkan oleh Ikatan Ahli Perencana Indonesia menggeser Yogyakarta yang sudah beberapa tahun memegang predikat itu.  Di tahun 2015, Balikpapan juga memegang predikat sebagai kota yang paling dicintai di dunia oleh WWF dalam program "WWF Earth Hour City Challenge 2015".

Gimana ? Keren kan kotaku ? Eiiitttsss.  Gak cuman itu.  Untuk masalah bahasa sehari - hari, Balikpapan juga punya.  Salah satunya "Bombon".  Bombon itu apa sih ? Bombon itu sejenis makanan, yaa bisa dibilang permen lah.  Ya aslinya bombon itu emang permen, cuman nama lainnya doang.  Ada satu lagi nih, kata "jorong".  Kata ini biasanya dipake dalam kalimat "Jorongkan pang meja/kursi itu".  Kata jorong disini maksudnya adalah dorong.

Next, makanan di Balikpapan.  Soto Banjar, Soto Makassar, Bakso Malang. Itu udah rame di Balikpapan, tapi kalo sop singkong, ga ada di Malang.  Apalagi "Bonting" abon kepiting.  Balikpapan mah gudangnya kepiting soka, ukurannya besar, enak, tapi mahal. ini nih gambar Bontingsama Kepiting Soka nya.



Abon Kepiting
Kepiting Soka
Sementara Sekian dulu oke? ntar lanjuuuuuttt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar